Selamat Datang di Website Resmi Kepaniteraan Mahkamah Agung RI




SDM Kepaniteraan

Profil SDM Kepaniteraan Mahkamah Agung RI

Kepaniteraan Mahkamah Agung adalah aparatur tata usaha negara yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung. Tugas Pokok Kepaniteraan Mahkamah Agung adalah melaksanakan pemberian dukungan di bidang teknis dan administrasi justisial kepada Majelis Hakim Agung dalam memeriksa, mengadili dan memutus perkara, serta melaksanakan administrasi penyelesaian putusan Mahkamah Agung. Sedangkan fungsinya adalah menyelenggarakan: koordinasi pelaksanaan pemberian dukungan di bidang teknis dan administrasi yustisial; koordinasi urusan administrasi keuangan perkara di lingkungan Mahkamah Agung; pelaksanaan pemberian dukungan di bidang teknis dan administrasi yustisial; pelaksanaan minutasi perkara; pembinaan lembaga teknis dan evaluasi dan pelaksanaan administrasi Kepaniteraan.

Kepaniteraan Mahkamah Agung dipimpin oleh seorang Panitera, dibantu oleh 7 (tujuh) Panitera Muda Perkara,  12 (dua belas) Panitera Muda  Tim (Askor), sejumlah Panitera Pengganti  dan didukung oleh seorang Sekretaris Kepaniteraan yang membawahi  sekretariat kepaniteraan.

Selain itu, dalam masing-masing kepaniteraan muda terdapat koordinator yang berfungsi untuk mengkoordinasikan registrasi dan distribusi perkara. Dibawah koordinator ini terdapat petugas pranata pengadilan yang bertuhas melaksanakan administrasi berkas perkara. Sedangkan dibawah koordinasi panitera pengganti terdapat kelompok operator yang bertugas mempersiapkan draft putusan. [Tugas pokok dari unsur-unsur kepaniteraan tersebut adalah sebagaimana link berikut ini]

Detail Profil SDM adalah sebagai berikut: