Selamat Datang di Website Resmi Kepaniteraan Mahkamah Agung RI




Hari ini, Ujian Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Dilaksanakan Serentak di 20 Tempat

Jakarta | Kepaniteraan.mahkamahagung.go.id (17/7)

Sesudah mengumumkan pelamar yang lulus seleksi administrasi pekan kemarin (12/7), hari ini (Selasa, 17/7) MA menggelar seleksi tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor bagi pelamar yang lulus administrasi. Seleksi tertulis ini dilaksanakan secara serentak di 20 Pengadilan Tinggi. Mereka yang lulus seleksi tertulis ini nantinya berhak mengikuti tahapan berikutnya, yaitu profile assessment dan wawancara.

Alasan penyelenggaraan dilaksanakan di 20 tempat padahal jumlah pengadilan tinggi di Indonesia ada 30. Suhadi, Hakim Agung yang juga Wakil Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian tertulis dilaksanakan di pengadilan tinggi yang jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi berjumlah minimal 5 orang. Berdasarkan data, lanjut Suhadi, ada sepuluh PT yang jumlah peserta yang lulusnya di bawah lima yaitu PT Babel, PT Tanjungkarang, PT Pontianak, PT Banjarmasin, PT Samarinda, PT Palangkaraya, PT Denpasar, PT Kupang, PT Gorontalo, dan PT Ambon.

 

“Pelaksanaan ujiannya bagi peserta yang ada di wilayah tersebut digabung dengan PT terdekat”, kata Suhadi. (lihat pengumuman).

Pelakasanaan seleksi tertulis kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Tahun ini selain pengetahuan hukum materiil dan formil, peserta diuji kemampuan aplikasi kedua hal tersebut dalam penyusunan sebuah putusan. Untuk menyelesaikan semua soal-soal peserta membutuhkan waktu selama enam jam. “dimulai pukul 8.30 baru selesai jam 16.00”, kata salah seorang peserta ujian di PT Surabaya. (an)

Comments   

 
# Selamat berjuangMasrinedi-PA Painan 2012-07-18 09:20
Selamat berjuang para peserta Calon Hakim Ad hoc Tipikor 2012. Semoga yang terbaik berhasil LULUS untuk mengemban amanah di dalam menegakkan keadilan dan kebenaran. Amin !!!
Reply
 
 
-1 # ad hoc harus mantaapmochilyas 2012-07-20 01:17
Makin sulit dan transparan diikuti akuntabilitas,h asil ad hoc akan makin memberi nuansa dan darah segar bagi peradilan tipikor.Setuju atau tidak hadirnya ad hoc berangkat dari asumsi"lesunya" hakim karir di tengah sorotan kekinian.Maka kinerja dengan soal tes yang makin sulit adalah jawaban rekruitmen sdm pengadilan tipikor.
Reply
 
 
# ad hoc bukan diproduk jadi ALGOJOmochilyas 2012-07-20 01:25
Paradigma yang keliru di tengah sorotan pengadilan tipikor dengan hakim ad hocxa, seakan akan kehadiran mereka jadi bagus ketika pengadilan tipikor mutatis mutandis ad hoc xa di pandang bak algojo yang diharuskan hukum,hukum, dan jika perlu berat sesuai opini publik atau segelintir penggiat anti korupsi!Esensi sebagai the court of justice digiring ke arah the court of punishment.Maka pengadilan tipikor lantas menjadi SIDANG "TILANG" nantinya?! Semoga tidak.Jika takut independensi tergerus baik karena "KY" dan atau opini lebih baik mundur dini hari.Selamat para ad hoc tipikor...!
Reply
 
 
# DooIdhae 2012-09-20 07:06
Knpa Untk Wilayah Mkassar Tdk Ada Yaaaahh..?? Kya'x Diskriminasi Nih...
Reply
 

Add comment

Security code
Refresh