Selamat Datang di Website Resmi Kepaniteraan Mahkamah Agung RI

Kehadiran Situs Web Kepaniteraan  adalah salah satu wujud komitmen kami  untuk memberikan akses publik terhadap informasi peradilan, khususnya  berkaitan dengan fungsi kami sebagai pemberi dukungan teknis dan administratif terhadap proses penanganan perkara di Mahkamah Agung. Selain itu,  website ini diharapkan dapat menjadi bahan bagi publik untuk memberikan masukan untuk sebuah proses  perbaikan yang berkelanjutan. Untuk update  informasi ikuti juga twitter kami di akun @kepaniteraan dan @Putusan. Semoga  dapat memberi manfaat
Salam
SOEROSO ONO | Panitera Mahkamah Agung


Sukseskan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015


Direktori Putusan

Pusat Data Putusan Nasional

Informasi Perkara

Informasi Proses Penanganan Perkara Mahkamah Agung

Kinerja Penanganan Perkara

Gambaran Kinerja Penanganan Perkara per periode

Layanan Pengaduan

Pertanyaan, Saran, Komplain


Ketua MA Membuka Rakernas 2012 di Manado

Manado | Kepaniteraan.mahkamahagung.go.id (29/10)

Ketua Mahkamah Agung RI, Dr. H. M. Hatta Ali, SH, MH,  membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional  MA dengan pengadilan tingkat banding dari empat lingkungan peradilan  se-Indonesia, Senin (29/10), di Manado. Tema yang diusung dalam pertemuan tahunan ini adalah Pemantapan Sistem Kamar  untuk Mewujudkan Kesatuan Hukum dan Meningkatkan Profesionalisme  Hakim.

Hadir dalam acara yang akan berlangsung hingga 1  November 2012 ini,  para pimpinan MA (para wakil dan para tuada), hakim agung, pejabat eselon I dan II,  panitera muda perkara, panitera muda kamar (askor),  dan  ketua, wakil serta panitera/sekretaris pengadilan tingkat banding  empat lingkungan peradilan.   Selain itu, hadir sebagai undangan Gubernur Sulawesi Utara bersama  Forum Komunikasi Kepala Daerah  Propinsi Sulawesi  Utara dan Kota Manado. Nampak hadir pula  Walikota Bitung.
Selama empat hari kedepan , peserta rakernas selain disuguhi paparan yang  bermuara pada tema, pemantapan sistem kamar,  juga presentasi dari  Kepala BPK dan Wakil Menteri Keuangan.



Alasan  Pemilihan Tema

Ketua Muda Pembinaan MA, Widayatno Sastrohardjono, SH, M.Sc selaku penanggungjawab Rakernas MA 2012 dalam laporannya menjelaskan bahwa pemilihan tema rakernas tahun ini sebagai langkah strategis untuk  efektiftas penerapan sistem kamar. Menurutnya, penerapan sistem kamar di  Mahkamah Agung merupakan amanat cetak biru. “MA haru mengambil langkah strategis untuk mewujudkannya, dan forum  nasional  Rakernas adalah langkah efektif untuk  bersama-sama  mengkaji implementasi  sistem kamar”, ujar Tuada Pembinaan.

Tuada Pembinaan juga menjelaskan bahwa Rakernas MA 2012 merupakan kali kedua Mahkamah Agung menyelenggarakan event nasional yang go green. “Rakernas ini tanpa kertas, semua bahan diunggah ke portal dan peserta tinggal download dan mengaksesnya melalui laptop atau ipad “  papar  Tuada Pembinaan.

Sementara itu  Gubernur Sulawesi Utara , Dietje Sarundajang, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas pilihan  wilayahnya sebagai tempat penyelenggaraan  Rakernas MA RI 2012.  Ia melihat adanya kesamaan komitmen antara pemerintahannya dengan Mahkamah Agung. “Kita memiliki kesamaan komitmen dan  konsistensi penegakan supremasi hukum”, tegasnya.  Ia pun mendukung pilihan tema pemantapan sistem kamar dalam  Rakernas MA 2012 ini.  Menurutnya sistem kamar membumikan harapan  profesionalisme hakim. (an)