Selamat Datang di Website Resmi Kepaniteraan Mahkamah Agung RI




JAKARTA | (18/12/2018) Ketua MA, Hatta Ali, mengganti pertemuan tahunan pimpinan pengadilan yang biasa disebut dengan Rakernas dengan  melakukan  Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial  secara bergiliran di setiap provinsi. Salah satu argumen “peniadaan” Rakernas, adalah perluasan cakupan peserta . Jika forum rakernas pesertanya terbatas bagi pimpinan Pengadilan tertentu, maka pada forum pembinaan secara “on the spot”, pesertanya lebih banyak dari mulai hakim, hakim ad hoc, panitera, pejabat struktural dan fungsional pengadilan.  Sepanjang tahun 2018,  tercatat 2.430 aparatur peradilan mendapatkan pembinaan teknis dan administrasi yudisial secara langsung dari Pimpinan Mahkamah Agung.  Mereka berasal dari empat lingkungan peradilan dari 11 Provinsi.

Kegiatan pembinaan teknis dan administrasi judisial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pembinaan sumber daya manusia yang secara terstruktur dilaksanakan oleh  Pusdiklat Mahkamah Agung dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan.

Materi yang disampaikan pada kegiatan  pembinaan merupakan up grading informasi bidang teknis yudisial dan administrasi yudisial serta materi yang berkaitan dengan pengawasan, kepatuhan terhadap kode etik dan prilaku dan peningkatan disiplin. Kedua materi tersebut erat kaitannya dengan upaya peningkatan profesionalitas dan integritas aparatur peradilan.

 

Materi tersebut  disampaikan langsung oleh  Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar Teknis (Perdata, Pidana, Agama, Militer dan TUN), dan Para Ketua Kamar Non Teknis (Pembinaan dan Pengawasan). Selain itu, Panitera, Para Dirjen dan Para Kepala Badan di lingkungan Mahkamah Agung juga dialokasikan jadwal untuk memberikan materi pembinaan yang terkait dari fungsi masing-masing.  

Berbeda dengan kegiatan Rakernas,  dalam kegiatan Pembinaan semua peserta diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan pertanyaan kepada pimpinan Mahkamah Agung.  Acara tanya jawab peserta pembinaan dialokasikan waktu yang panjang, bahkan bisa berlangsung sampai dini hari.

Kegiatan pembinaan teknis dan administrasi judisial yang dilaksanakan sepanjang tahun 2018, adalah sebagaimana tabel berikut ini:

 

No

Tanggal Penyelenggaraan

Tempat

Cakupan Peserta

Jumlah Peserta

1

22-24 Maret 2018

Mercure Ancol Jakarta

Wilayah DKI jakarta

435

2

12-14 Juli 2018

Grand Senyiur Balilkpapan

4 Provinsi (Kalsel, Kalbar, Kalteng, dan Kaltim)

472

3

10September 2018

Inaya Puteri Denpasar

2 Provinsi (Bali dan NTB)

372

4

23 Oktober 18

Sintesa Peninsula

3 Provinsi (Sulut, Gorontalo dan Malut)

330

5

31 Oktober - 1 Nopember 2018

Intercontinental Dago

Jawa Barat

380

6

14Desember 2018

Swiss Bell

DKI Jakarta

441

     

Total Peserta

2430

 

 

Comments   

 
# Sepanjang 2018, Pimpinan MA Melakukan Pembinaan Langsung terhadap 2430 Aparatur PeradilanGuest 2018-12-25 10:36
What i do not realize is in truth how you are
not actually a lot more smartly-preferr ed than you might
be right now. You're so intelligent. You realize thus considerably
in relation to this matter, produced me in my opinion consider it from numerous
numerous angles. Its like women and men don't seem to
be interested unless it's something to accomplish with Woman gaga!
Your personal stuffs outstanding. All the time take care of it up!


Also visit my blog ... download: http://melbournenazareneisrael.ning.com/profiles/blogs/6015120:BlogPost:418348
Reply
 

Add comment

Security code
Refresh