Jakarta | Panitera Mahkamah Agung, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Konsolidasi dan Evaluasi Program Kerja Pengadilan Tingkat Banding TA 2021 di lingkungan Peradilan Agama. Kegiatan yang diprakarsai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama tersebut diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2021, pukul 19.30 wib, di Hotel Holiday in Kemayoran, Jakarta.

Dalam agenda pembinaan yang dihadiri oleh seluruh Panitera dan Sekretaris Tingkat Banding pada lingkungan Peradilan Agama tersebut, Panitera Mahkamah Agung menyampaikan materi terkait pembentukan karakter dan administrasi yudisial. Terkait pembentukan karakter, salah satu nilai yang ditekankan adalah arti penting spirit saling menguatkan antara kepaniteraan dan kesekretariatan dalam rangka menyelenggarakan kekuasaan kehakiman dan memberikan layanan terbaik bagi pencari keadilan. Panitera Mahkamah Agung mendorong agar seluruh panitera dan sekretaris pada seluruh pengadilan di Indonesia bersatu padu dan menjadi dwitunggal.

“Panitera dan Sekretaris jangan menjadi matahari kembar, tetapi jadilah dwitunggal”, tegas Panitera Mahkamah Agung.

Adapun terkait administrasi yudisial, materi yang disajikan adalah seputar nilai-nilai court excellence yang harus diimplementasikan oleh seluruh lembaga peradilan, pembaruan Mahkamah Agung dalam bidang manajemen perkara dan fungsi teknis, alur perkara pada Mahkamah Agung, prosedur pengiriman berkas kasasi dan PK, prosedur laporan kasasi perkara jinayat pada mahkamah syar’iyah, pengembalian biaya perkara, dan beberapa permasalahan dalam bidang administrasi yudisial.

Usai penyampaian materi pembinaan, agenda dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Diskusi yang dipandu oleh Drs. H. Arief Hidayat, S.H., M.M., Sekretaris Ditjen Badilag, selaku fasilitator pada acara tersebut berlangsung dinamis, hangat, dan hikmat. [aza/afd/mst/mrg/wrd]

 

 

 

 

 

 

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget