Hari ini, Ujian Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Dilaksanakan Serentak di 20 Tempat

Jakarta | Kepaniteraan.mahkamahagung.go.id (17/7)

Sesudah mengumumkan pelamar yang lulus seleksi administrasi pekan kemarin (12/7), hari ini (Selasa, 17/7) MA menggelar seleksi tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor bagi pelamar yang lulus administrasi. Seleksi tertulis ini dilaksanakan secara serentak di 20 Pengadilan Tinggi. Mereka yang lulus seleksi tertulis ini nantinya berhak mengikuti tahapan berikutnya, yaitu profile assessment dan wawancara.

Alasan penyelenggaraan dilaksanakan di 20 tempat padahal jumlah pengadilan tinggi di Indonesia ada 30. Suhadi, Hakim Agung yang juga Wakil Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian tertulis dilaksanakan di pengadilan tinggi yang jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi berjumlah minimal 5 orang. Berdasarkan data, lanjut Suhadi, ada sepuluh PT yang jumlah peserta yang lulusnya di bawah lima yaitu PT Babel, PT Tanjungkarang, PT Pontianak, PT Banjarmasin, PT Samarinda, PT Palangkaraya, PT Denpasar, PT Kupang, PT Gorontalo, dan PT Ambon.

 

“Pelaksanaan ujiannya bagi peserta yang ada di wilayah tersebut digabung dengan PT terdekat”, kata Suhadi. (lihat pengumuman).

Pelakasanaan seleksi tertulis kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Tahun ini selain pengetahuan hukum materiil dan formil, peserta diuji kemampuan aplikasi kedua hal tersebut dalam penyusunan sebuah putusan. Untuk menyelesaikan semua soal-soal peserta membutuhkan waktu selama enam jam. “dimulai pukul 8.30 baru selesai jam 16.00”, kata salah seorang peserta ujian di PT Surabaya. (an)

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget