JAKARTA | (12/08) Peringatan hari jadi Mahkamah Agung yang ke 70 tahun ini akan menjadi momentum istimewa. Hal ini karena selain akan diadakan upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung, juga akan dilakukan peluncuran  Kompetisi Inovasi Pelayanan Peradilan. Kompetisi ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam sejarah MA. Setelah resmi dilaunching, pengadilan langsung dapat mendaftarkan inovasinya melalui website yang juga mulai online di hari bersejarah tersebut.


Isu pelayanan publik telah menjadi perhatian MA sejak tahun 2012 dengan dikeluarkannya SK KMA 026/KMA/SK/II/2012. Dalam  peringatan hari jadi MA ke 69 di tahun 2014, peningkatan pelayanan publik  menjadi isu yang di highlight dalam pidato  Ketua Mahkamah Agung. Dalam kesempatan itu, Ketua MA mendorong jajarannya untuk menjadikan semangat pelayanan publik sebagai semangat yang menjiwai seluruh warga peradilan. Tahun ini, semangat pelayanan publik kembali dibangkitkan dengan strategi yang lebih “jitu” dalam bentuk  penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Peradilan yang diikuti oleh seluruh pengadilan tingkat pertama se-Indonesia.



Kompetisi Inovasi Pelayanan Peradilan  akan  menjadi ajang bagi pengadilan yang memiliki inovasi untuk menunjukkan keunggulannya layanannya.  Sebuah portal khusus di alamat http://inovasi.mahkamahagung.go.id akan disediakan untuk menampung semua informasi inovasi  tersebut. Sekelompok juri yang ditetapkan oleh  Mahkamah Agung akan memberi penilaian terhadap semua inovasi layanan yang didaftarkan melalui portal tersebut. Pengadilan pun akan diberi ruang di portal tersebut  untuk mengekspose bukti keunggulan layanannya dari waktu ke waktu.

Juri akan memilih sejumlah peserta dengan inovasi terbaik untuk dilakukan verifikasi lapangan. Peserta terpilih akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi publik mengenai layanan inovatif yang dimilikinya. Mereka juga akan mendapat kesempatan melakukan kunjungan ke berbagai lembaga yang menyandang inovasi layanan terbaik.

Dalam penilaian tahap akhir, Tim juri akan menentukan peserta terbaik yang berhak mendapatkan kesempatan melakukan magang di pengadilan negara sahabat yang bermitra dengan Mahkamah Agung. (an)

 

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget