Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

Den Haag (14/6) - Hoge Raad sangat mengedepankan konsistensi putusan dalam penanganan perkara. Untuk menjaga konsistensi putusan tersebut, Majelis Hakim di Hoge Raad sangat memperhatikan Yurisprudensi.   Demikian juga dengan Advocate General, yurisprudensi selalu dijadikan acuan ketika menyusun konklusi yang akan disampaikan kepada Hakim Agung.  Advocate General dan Hakim Agung selalu memperhatikan  apakah pertanyaan hukum yang termuat dalam permohonan kasasi pernah dijawab oleh  yurisprudensi. Yurisprudensi itu sendiri bagi Hoge Raad adalah seluruh putusan yang berkekuatan hukum tetap, tanpa ada pembedaan.

Demikian disampaikan oleh  Tijs  Kooijmans, Hakim Agung Kamar Pidana dan  Taru Spronken,  seorang Advocate General pada Hoge Raad pada pertemuan dengan Delegasi MA,   Rabu (14/6), di gedung Hoge Raad, Den Haag, Belanda.

Dalam paparannya,  kedua nara sumber tersebut menyampaikan bahwa untuk mengetahui sebuah pertanyaan  hukum pernah dijawab oleh yurisprudenai, mereka memanfaatkan aplikasi internal mereka yang diberi nama “invent@”. Melalui “invet@”, para hakim agung dan advocate general  mengidentifikasi topik/isu hukum pada perkara yang ditangani  yang memiliki relevansi dengan yurisprudensi.  Mereka  mencari yurisprudensi yang relevan tersebut dengan menggunakan kata kunci.  Inventa akan menyajikan yurisprudensi yang relevan berdasarkan kata kunci yang digunakan.

“Selanjutnya kami akan melakukan penilaian dan pemilahan terhadap daftar yurisprudensi yang dihasilkan oleh pencarian inventa berbasis kata kunci tersebut”, papar Taru Spronken.

Menurut Tijs Kooijmans, setelah ditemukan yurisprudensi yang relevan, Majelis Hakim akan mengadili kasus yang ditangani dengan pertimbangan hukum yang sama dengan yang ada pada yurisprudensi. Tijs menambahakan bahwa  Hoge Raad  menjadikan  pertimbangan hukum tersebut sebagai “template pertimbangan” untuk kasus serupa di kemudian hari.

Umur Yurisprudensi

Keterikatan Hoge Raad terhadap yurisprudensi bukan berarti menolak perkembangan hukum. Majelis Hakim Hoge Raad tetap mengikuti perkembangan hukum, bahkan yurisprudensi lah yang menciptakan perkembangan hukum tersebut. Namun demikian, untuk menjaga konsistensi putusan, perubahan sikap Hoge Raad terhadap suatu pertanyaan hukum, dipertahankan minimal 5 tahun.

Mengenal Invent@

Setelah  berdiskusi tentang peran yurisprudensi dalam menjaga konsistensi putusan, Delegasi MA diberikan paparan tentang invent@ oleh  Michel Mooren. Berdasarkan paparan Mooren, invent@ adalah aplikasi yang hanya bisa diakses secara internal oleh Hakim Agung, Advocate General dan petugas penanganan perkara lainnya di Hoge Raad. Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Direktori Putusan Mahkamah Agung. Sebagaimana Dirput, invent@  berisi putusan, peraturan perundang-undangan, dan semua informasi yang diperlukan dalam penanganan perkara. Invent@ juga terhubung dengan sistem informasi penanganan perkara yang digunakan di  Hoge Raad yang diberinama C@asus.  Mesin pencari yang digunakan oleh invent@ sama dengan  yang digunakan oleh Dirput.

Keunggulan INVENT@ adalah semua putusan yang diuggah telah dilengkapi dengan kata kunci yang standar, domain relevansi berupa kutipan kasus dan kutipan undang-undang yang ada dalam putusan. Invent@ juga dilengkapi dengan yang mereka sebut sebagai content indication, semacam abstrak perkara yang berisi pokok permasalahan yang diajukan. Selain itu, ada fitur yang diberinama karakteristik kasus, semacam indikasi isi namun dalam kalimat yang lebih singkat.

Mengenai kata kunci yang ada di invent@, disiapkan oleh asisten judisial dan dimuat juga dalam conclusi putusan yang dibuat Advocate General.

Keunggulan lain dari invemt@ adalah kemampuan untuk mengetahui sebuah putusan diikuti oleh putusan lainnya. Fitur ini mirip dengan aplikasi google scholar yang dapat menampilkan berapa banyak suatu artikel dikutip.

Publikasi Putusan

Untuk konsumsi publik, publikasi putusan menggunakan aplikasi lain yang disediakan oleh  Raad voor de Rechtspraak  melalui situs rechtspraak.nl. Tidak semua putusan dipublikasikan melalui situs ini, namun semua putusan tersedia di invet@. [an],[Mrg]