Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 



JAKARTA | (19/02/2024) Kepaniteraan Mahkamah Agung turut memeriahkan Pameran Kampung Hukum 2024 yang  diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), 19-20 Februari 2024. Selain Kepaniteraan Mahkamah Agung, terdapat juga 31 peserta lain yang terdiri dari Satker-Satker Eselon I Mahkamah Agung, Kementerian/Lembaga Negara, Non Government Organization (NGO), Mitra Bank, serta lembaga lain yang turut meramaikan pameran yang diselenggarakan berbarengan dengan pelaksanaan Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2023 ini.

Konten Utama Booth

Booth Kepaniteraan Mahkamah Agung menampilkan berbagai konten yang menarik sekaligus menarik. Konten utama yang ditampilkan dalam booth Kepaniteraan Mahkamah Agung adalah sebagai berikut.

Pertama, Majalah Kepaniteraan Mahkamah Agung. Majalah ini berisi berita kegiatan-kegiatan penting yang telah dilaksanakan Kepaniteraan Mahkamah Agung, informasi kinerja penanganan perkara, dan juga kebijakan-kebijakan penting yang diterbitkan Panitera Mahkamah Agung. Majalah ini yang telah dicetak tidak kurang dari 350 eksemplar untuk dibagi-bagikan kepada pengunjung booth secara cuma-cuma.

Kedua, Buku Kompilasi Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar. Pada tahun 2024 ini, Kepaniteraan Mahkamah Agung menerbitkan buku Kompilasi Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar edisi terbaru. Sama seperti Majalah Kepaniteraan, buku kompilasi tersebut juga dicetak lebih dari 500 eksemplar untuk dibagi-bagikan kepada pengunjung booth.

Ketiga, Newsletter. Newsletter merupakan media informasi Kepaniteraan Mahkamah Agung yang diterbitkan secara berkala. Kepaniteraan Mahkamah Agung juga telah menyediakan Newsletter versi cetak yang siap dibagikan untuk pengunjung.

Keempat, Poster Infografis Penanganan Perkara. Untuk memudahkan pengunjung yang hendak mengetahui kinerja penanganan perkara, Kepaniteraan Mahkamah Agung telah membuat poster infografis kinerja penanganan perkara.

Kelima, Display Buku-Buku Hukum Karya Hakim Agung. Display ini berisi berbagai buku karya hakim agung pada Mahkamah Agung, khususnya para Pimpinan Mahkamah Agung.  

Keenam, Video-Video Informatif. Video-video yang diputar pada videotron booth Kepaniteraan Mahkamah Agung antara lain yaitu Video Kinerja Penanganan Perkara, Klasifikasi Amar Putusan Kasasi Mahkamah Agung, Klasifikasi Amar Putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung, Upaya Hukum Kasasi dan PK secara Elektronik, Sistem Penanganan Perkara MA, Kredibilitas dan Transparansi Badan Peradilan, Profil Direktori Putusan, Kaleidoskop Kegiatan Kepaniteraan MA dalam Televisi Nasional, Modernisasi Manajemen SDM, dan Struktur Pejabat Kepaniteraan Mahkamah Agung.



Game Online dan Quiz Interaktif

Selain konten utama tersebut di atas, Kepaniteraan Mahkamah Agung juga menyajikan berbagai game online. Pengunjung yang bermain game online akan mendapat souvenir menarik. Semakin tinggi skor game yang didapat, akan semakin menarik pula souvenir yang didapatkan.

Selain game online, Kepaniteraan Mahkamah Agung juga menyiapkan quiz “Who Want to be a Millionaire”. Pertanyaan dalam quiz ini merupakan pertanyaan-pertanyaan seputar lembaga peradilan, khususnya Kepaniteraan Mahkamah Agung. Sama seperti game online, semakin tinggi skor yang didapat seorang pengunjung, akan semakin menarik pula souvenir yang akan ia dapatkan.

Apresiasi Ketua Mahkamah Agung

Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin, memberi apresiasi kepada Booth Kepaniteraan Mahkamah Agung. Apresiasi ini disampaikan saat beliau melakukan kunjungan ke booth bersama para pimpinan Mahkamah Agung lainnya.

“Ini bagus, informasinya komplit. Potret kinerja penanganan perkara dapat diketahui dengan mudah dalam poster, majalah, dan video dalam booth ini”, pungkas Ketua Mahkamah Agung.

Selain memberi apresiasi atas sajian informasi yang lengkap, Ketua Mahkamah Agung juga terkesan dengan pernak-pernik yang ditampilkan dalam booth Kepaniteraan Mahkamah Agung, sehingga beliau akhirnya dengan senang hati berfoto-foto di dalam booth [aza/mrg/mst].