Partisipasi Satker Meningkat, Lebih Setengah Juta Putusan Terupload

Grafik Publikasi Putusan Periode 2007-2013

Jakarta | Kepaniteraan.mahkamahagung.go.id (10/6)

Jumlah putusan yang terunggah di Direktori Putusan terus meningkat. Per 10 Juni  ini, Direktori Putusan telah mengunggah  lebih dari setengah juta putusan  atau tepatnya 501.744 putusan.  Meningkatnya jumlah putusan yang terupload ini sebagai indikasi  keseriusan pengadilan dalam melakukan transparansi. Selain itu, faktor lain yang memicu meningkatnya jumlah publikasi putusan ini adalah dorongan dari Kepaniteraan MA melalui serangkaian sosialisasi di sejumlah wilayah yaitu: Yogyakarta, Balikpapan, Pontianak dan Palangkaraya.

Demikian disampaikan Panitera MA, Soeroso Ono, Senin (10/6) di Jakarta. Menurut Panitera, sosialisasi yang dilakukan Kepaniteraan telah signifikan mendorong partisipasi  pengadilan dalam mempublikasikan putusan semakin meningkat.

 

“sebelum dilakukan sosialisasi masih banyak pengadilan yang sama sekali belum melakukan publikasi putusan di Direktori Putusan, namun setelah ada pelatihan, semua pengadilan yang berada di daerah hukum tempat penyelenggaraan  kegiatan, 100% upload putusan” , jelas Panitera MA.

“Bahkan setiap kali penyelenggaraan sosialisasi, tidak kurang dari 1000-an putusan terupload selama kegiatan”, imbuh Panitera.

Meski sasaran utama pelatihan yang dilaksanakan oleh Kepaniteraan ini adalah pengiriman e-dokumen perkara kasasi dan peninjauan kembali melalui direktori putusan, namun untuk menggunakan fitur tersebut pengadilan harus mempublikasikan putusan.

“Publikasi Putusan prasyarat bagi pengadilan untuk mengirim e-dokumen”, tegas Soeroso Ono.

Lampaui Capaian 2012

Sementara itu, Koordinator Data dan Informasi Kepaniteraan menyampaikan data bahwa hingga hari ini (Senin, 10 Juni 2013) putusan yang diupload tahun 2013 telah mencapai 123.009 putusan. Jumlah putusan di semester pertama tahun 2013 ini, telah melampaui capaian publikasi putusan sepanjang tahun 2012.

“Sepanjang tahun 2012, jumlah putusan yang terupload berjumlah  122.629,   sedangkan jumlah putusan di semester pertama tahun 2013 telah mencapai 123.009”, papar Asep Nursobah. (an)

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget