Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

Hoge Raad Sebagai Organisasi Peradilan 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelaksanaan fungsi kasasi oleh HR, terlebih dahulu kita harus memahami bagaimana HR bekerja sebagai sebuah organisasi, seperti kedudukan HR dalam organisasi peradilan di Belanda, struktur organisasi HR, dan juga organisasi pendukung kerja HR serta fungsi setiap organisasi tersebut. 

A.      Organisasi Peradilan Belanda

Secara umum, organisasi badan peradilan di Belanda diatur dalam UU tentang Organisasi Sistem Peradilan (Rechterlijke Organisatie Wet/Rechterlijke Organisatie/RO), yang terdiri dari:

  1. Pengadilan Tingkat Pertama (Rechtbank);
  2. Pengadilan Tingkat Banding (Gerechtshof); dan
  3. Pengadilan Tingkat Kasasi (Hoge Raad)

1.    Pengadilan Tingkat Pertama (Rechtbank)

Terdapat 19 Rechtbank sesuai dengan jumlah distrik di Belanda saat ini. Setiap Rechtbank terdiri dari 4 (empat) sektor perkara, yaitu: pidana; perdata; administrasi (TUN); dan perkara ringan/kanton. Sektor pidana menangani perkara-perkara pencurian, penggelapan, dan pembunuhan. Sektor perdata menangani perkara-perkara perceraian, kepailitan, dan perikatan. Sektor administrasi menangani perkara-perkara perizinan, pajak, dan subsidi. Sektor kanton menangani perkara-perkara: perkara gugatan yang nilainya lebih kecil dari 25.000 euro; perjanjian kerja; sewa menyewa; dan perselisihan dengan tetangga. 

2.    Pengadilan Tingkat Banding (Gerechtshof)

Terbagi dalam 5 (lima) area dan 3 (tiga) pengadilan khusus/special tribunals yang menangani perkara- perkara tertentu di bidang hukum administrasi pada tingkat banding, yaitu: (a) Raad van State (perkara TUN); (b) Centrale Raad van Beroep (perkara kepegawaian dan jaminan sosial); dan (c) College van Beroep voor het Bedrijfsleven (sosial ekonomi). Setiap pengadilan dikelola oleh organ pengurus yang bertanggung jawab untuk urusan yudisial dan non yudisial. Pengurus terdiri dari 3 orang anggota (2 orang hakim yang salah satunya ditunjuk sebagai Ketua dan 1 non-hakim).

Dalam karirnya, seorang Hakim Tinggi dapat turun menjadi hakim tingkat pertama jika memang Hakim tersebut secara sukarela mau pindah ke pengadilan tingkat pertama. Perpindahan dari Hakim Tinggi menjadi Hakim tingkat pertama tidak akan berdampak pada gaji, di mana gaji yang bersangkutan tidak akan turun.3.    Pengadilan Tingkat Kasasi (Hoge Raad)

Merupakan peradilan tertinggi di Belanda dan berfungsi memeriksa dan memutus perkara pidana, perdata dan pajak. Pengadilan Tingkat Kasasi tidak menangani perkara sengketa administrasi selain pajak dan perkara pidana militer. Sengketa administrasi diselesaikan pada pengadilan administrasi yang upaya hukumnya tidak sampai kasasi ke Hoge Raad, dan perkara pidana militer diselesaikan cukup sampai Pengadilan Militer di Leuwarden.

B.   Hoge Raad

Hoge Raad adalah Pengadilan tertinggi di Kerajaan Belanda yang berdiri pada tanggal 1 Oktober 1838. Selain sebagai pengadilan tertinggi bagi pengadilan di Belanda, HR juga merupakan pengadilan tertinggi bagi Aruba, Curacao dan Sint Marteen, koloni Belanda yang berlokasi di laut Karibia. Secara umum, kewenangan HR adalah memeriksa dan memutus permohonan Kasasi dan Peninjauan Kembali perkara Pidana, Perdata dan Pajak.

HR terdiri dari 2 kelompok jabatan, yaitu Raad (pengadilan) dan Parket Generaal (PG), yang memiliki kedudukan yang setara secara ketatanegaraan. Hoge Raad sebagai raad (pengadilan) terdiri dari para Hakim Agung (raadsheren) dan Panitera. HR dan PG dibantu oleh kesekretariatan yang dipimpin oleh seorang direktur manajemen (Directeur Bedrijfsvoering).[Mrg]

(selangkapnya)