Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Jakarta (4/8/2023) Kepaniteraan Mahkamah Agung mengadakan Kegiatan Workshop Publikasi Putusan Mahkamah Agung pada hari Rabu-Jumat tanggal 2-4 Agustus 2023 bertempat di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada. Workshop bertujuan memulihkan sebagian tautan putusan Mahkamah Agung tahun 2022-2023 yang hilang. Workshop diikuti oleh Kepaniteraan Mahkamah Agung sebagai penyelenggara Direktori Putusan dan TIM IT Biro Hukum dan Humas sebagai penyedia sarpras teknologi Informasi Direktori Putusan.

Dalam pembukaan Workshop, Ridwan Mansyur Panitera Mahkamah Agung mengingatkan pentingnya keamanan informasi dalam Direktori Putusan. Dalam keamanan informasi terdapat tiga aspek penting yakni Confidentiality, Integrity dan Availability, yang dikenal dengan CIA Triad.  Confidentiality, yakni hanya mereka yang berhak yang dapat memanfaatkan system, Integrity yakni informasi tidak dapat diubah tanpa diketahui oleh pihak yang membuatnya dan Availability yakni sistem selalu dapat digunakan ketika dibutuhkan.

 

Direktori Putusan merupakan sistem informasi yang memfasilitasi  putusan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dapat diakses oleh publik. Selama ini Tim Publikasi berusaha untuk konsisten mempublikasikan putusan sesuai standar One Day Publish, mempublikasikan pada hari yang sama dengan putusan Mahkamah Agung dikirim ke pengadilan pengaju. Hilangnya sebagian tautan Putusan Mahkamah Agung Tahun 2022-2023 dan terganggunya Akses Informasi Direktori Putusan pada beberapa pekan lalu cukup menimbulkan kehebohan publik. Hal ini menunjukkan Direktori Putusan dibutuhkan baik bagi internal maupun publik. Publik disini bukan hanya para pihak namun juga institusi maupun perorangan yang membutuhkan data putusan.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini merupakan wujud komitmen Kepaniteraan Mahkamah Agung sebagai penyelenggara sistem informasi Direktori Putusan. “Terbukti dalam tiga hari Workshop, tim publikasi berhasil memulihkan kembali semua tautan 8.263 putusan”, lapor Asep Nursobah, Koordinator Data dan Informasi Mahkamah Agung pada hari terakhir workshop. 

 

Workshop ditutup oleh Sekretaris Kepaniteraan, Bapak Iyus Suryana yang mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tim Publikasi Putusan dalam tiga hari. Kedepannya Kesekretariatan Kepaniteraan akan terus memfasilitasi acara serupa demi lancarnya publikasi putusan Mahkamah Agung. (AFK/mrgp).