Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

JAKARTA | (15/01/2024) Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Panitera Muda Perkara Pidana dan Panitera Muda Perkara Perdata Khusus menyelenggarakan ujian wawancara bagi para peserta seleksi di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta (15/01). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Panitera Mahkamah Agung, Agus Subroto. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Kepaniteraan, Iyus Suryana, Koordinator Data dan Informasi, Asep Nursobah, para pejabat pada Kesekretariatan Kepaniteraan, para hakim yustisial, dan juga segenap  staf pada Kesekretariatan Kepaniteraan yang menjadi panitia seleksi.

Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan disampaikan oleh Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung, Iyus Suryana. Dalam laporannya, Iyus Suryana menjelaskan bahwa wawancara ini merupakan tahap akhir dari rangkaian seleksi. Sebelumnya, para peserta seleksi telah mengikuti serangkaian tahapan yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi, profile assessment, rekam jejak, dan eksaminasi putusan.

Peserta seleksi yang dinyatakan lolos pada tahap seleksi sebelumnya dan berhak untuk mengikuti seleksi wawancara ini adalah sebagai berikut:

Peserta seleksi panitera muda perkara pidana:

  1. Abdul Aziz (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan)
  2. Agus Rusianto (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan)
  3. Aviantara (Hakim Tingi Pengawas/Plt. Inspektur Wilayah I Badan Pengawasan)
  4. Ibnu Basuki Widodo (Hakim Tinggi Pemilah Perkara Pidana Khusus MA)
  5. Minanoer Rachman (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan)

Peserta seleksi panitera muda perkara perdata khusus

  1. Ahmad Ardianda Patria (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang)
  2. Elyta Ras Ginting (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan)

Tim Penguji dan Materi Wawancara

Penguji dalam tahap wawancara ini terdiri dari enam penguji. Empat penguji dari internal Mahkamah Agung dan dua penguji dari kalangan eksternal, sebagai berikut:

  1. Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial selaku Ketua Pansel, Sunarto
  2. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umun, Bambang Myanto
  3. Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung, Sugiyanto
  4. Made Rawa Aryawan (praktisi)
  5. Febby Mutiara Nelson (akademisi)

Tema-tema yang menjadi materi dalam tahap wawancara ini adalah seputar manajemen perkara, visi misi dan kebijakan organisasi, teknis yudisial, kode etik dan sistem pengawasan, dan wawasan hukum acara dan perkembangan isu hukum kontemporer (aza/mrg/mst).