Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

Hari ini, 70 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 19 Agustus 1945, Presiden Soekarno  mengangkat Mr. Dr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang pertama. Tanggal 19 Agustus 1945 juga merupakan tanggal disahkannya UUD 1945 beserta pembentukan dan pengangkatan Kabinet Presidentil Pertama di Indonesia. Momentum pengangkatan Koesoemah Atmadja sebagai Ketua MA tersebut,  ditetapkan sebagai Hari Jadi Mahkamah Agung, melalui Surat Keputusan KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Peringatan hari jadi Mahkamah Agung yang 70 mengusung tema, “ Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Independensi Lembaga Peradilan”. Peringatan HUT MA dilakukan dengan penyelenggaraan upacara yang dilakukan secara serentak pada pukul 08.00 waktu setempat. Pada kegiatan upacara tersebut, dibacakan amanat  Ketua Mahkamah Agung yang  mengambil tema  tersebut diatas.

 

Peringatan HUT MA di Jakarta, dipusatkan di kantor Mahkamah Agung.  Setelah pelaksanaan upacara yang akan dipimpin langsung oleh Ketua MA, akan diikuti oleh serangkaian acara bernuansa bakti sosial. Berdasarkan laman resmi MA, MA akan menyelenggarakan kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta dan  memberikan santunan terhadap 15 Yayasan Panti Asuhaan Se – Wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya. 

Selain itu, di hari jadinya yang ke 70, MA akan melakukan grand launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan. Kompetisi ini akan diikuti oleh seluruh pengadilan tingkat pertama dari empat lingkungan peradilan se-Indonesia. Launching akan ditandai dengan konferensi pers oleh Ketua MA dan launching website kompetisi yang berlamat di http://inovasi.mahkamahagung.go.id.  Oleh karena kompetisi ini berbasis penilaian elektronik, Website ini akan menjadi pusat kegiatan lomba. [an]