MA-RI  Menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Konferensi Regional Asia-Pasific IACA

 

Bogor | Kepaniteraan online (14/3)

Mulai hari ini (Senin, 14/3) hingga Rabu mendatang (16/3), sebuah organisasi internasional yang mewadahi para penyelenggara pengadilan (IACA, International Association for Court Administrator) akan melakukan konferensi se kawasan asia-pasifik. Konferensi ini dilaksanakan di Hotel Novotel Bogor, dan Mahkamah Agung RI berperan sebagai panitia penyelenggara. Dalam perhelatan ini, tidak kurang dari 80 orang yang mewakili 20 negara terlibat sebagai peserta. Presiden SBY dipastikan akan membuka secara resmi pertemuan internasional ini di Istana Bogor, siang ini.

Konferensi IACA merupakan kegiatan dua tahunan yang ditunjukkan untuk meningkatkan kafasitas para anggotanya dan meningkatkan akses terhadap keadilan. Keterlibatan Indonesia pada forum IACA ini mulai pada konferensi sebelumnya yang dilaksanakan pada tahun 2009 di Istanbul Turki.   Konferensi Turki inilah yang memberikan mandat kepada MA-RI untuk menjadi tuan rumah penyenggaraan konferensi tahun ini.

Perhatian utama konferensi IACA tahun ini ditujukan pada access to justice. Di forum ini, masing-masing negara peserta menyampaikan pengalaman dan kemajuan pelaksanaan acces to justice. Delegasi Indonesia yang tampil di forum ini adalah: Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MCL (mantan Ketua MA), H. Suhadi, SH, MH (Panitera MA), Drs. H. Wahyu Widiana, MA (Dirjen Badilag), Santi Kusumaningrum (UI), Diah Sulastri Dewi, SH, MH (Hakim), dan Aria Suyudi, SH, MH (JRTO).

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget