Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

JAKARTA | (22/8/2017) - Mahkamah Agung dan jajaran Pengadilan  di seluruh Indonesia memperingati hari Jadi Mahkamah Agung yang ke 72 pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017.  Tema yang diusung dalam peringatan tersebut adalah “Dengan Badan dan Jiwa Yang Sehat, Kita Wujudkan Badan Peradilan Yang Agung”. Dengan tema ini, ada nuansa yang berbeda yang ditampilkan pada upacara peringatan HUT MA yang ke 72 ini, yakni nuansa olah raga. Ada filosofi dari tema dan suasana perayaan HUT MA tahun 2017, yakni harapan terbentuknya aparatur peradilan yang berjiwa  dan berbadan sehat., mampu memaksimalkan kerja raga dan kerja pikir. Menurut Ketua MA, Sosok yang demikianlah yang mampu mewujudkan mimpi  terwujudnya badan peradilan Indonesia yang agung.

Mahkamah Agung dan jajaran pengadilan se Jabodetabek dan Cianjur menggelar  upacara peringatan HUT MA ke 72 di lapangan sepak bola di Komplek Perkebunan Gunung Mas Puncak Bogor. Ketua MA, M. Hatta Ali, bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir dalam upacara ini seluruh unsur Pimpinan MA, sejumlah hakim agung dan hakim ad hoc, para pejabat Eselon I dan II MA, serta pimpinan, hakim dan staf pengadilan Jabodetabek dan Cianjur. Jumlah peserta yang ikut serta dalam upacara ini tidak kurang dari 1.700 orang.

 

Sosok Ideal Aparatur Peradilan

Dalam pidatonya, Ketua MA menggambarkan sosok ideal aparatur peradilan. Ketua MA mengawali pidato dengan mengutip adagium latin yang sangat populer “mens sana in corpore sano”.  

“dengan tubuh dan jiwa yang sehat kita dapat menjalankan pekerjaan sehari-hari dengan baik, meskipun pekerjaan itu semakin berat”,  ujar Ketua MA.

Semangat adagium ini yang menjadi atmosfir pada peringatan hari jadi MA yang 72 di tahun 2017.

Lebih lanjut  Ketua MA, dalam pidatonya menggambarkan sosok ideal aparatur pengadilan. Sosok  tersebut dipersyaratkan memiliki kualitas pribadi yang bisa memaksimalkan kerja raga dan kerja fikirnya.  Sosok aparatur tersebut, jika dikonkretisasi harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

1.      Sehat fisik;

2.      Sehat Jiwa;

3.     profesional dan  Produktif

4.      Mampu menata manajemen waktu

5.      Mampu menjaga hubungan interpersonal,

6.      Mampu  membangun toleransi

7.      Mampu mereduksi konflik di tempat kerja

8.      Berani menghadapi tantangan;

9.      Mampu mengelola stress

10.  Menunjukkan sikap rendah hati;

11.  Bijaksana dalam bergaul

 

12.  Menjadi role model dalam kepatuhan terhadap hukum.

[an]

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget