Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

Bangkok | (08/03) Mahkamah Agung RI bersama dengan  delegasi Mahkamah Agung  Malaysia, Filipina, dan Thailand  mengikuti inception meeting Judicial Integrity Champions in APEC yang diselenggarakan di Bangkok, 8-9 Maret 2018. Pertemuan ini diselenggarakan oleh  UNDP Regional Hub Bangkok dengan tujuan memfasilitasi adanya diskusi lintas institusi peradilan di negara APEC untuk mengembangkan metode self assessment yang mampu menguatkan  judicial integrity di pengadilan. Forum ini menggagas adanya edisi baru  kerangka internasional untuk peradilan yang unggul (International Framework for Court Excellence)  yang mampu mendukung terwujudnya  pengadilan berintegritas.

Ketua MA menugaskan YM Hakim Agung Ibrahim dan Hakim Yustisial MA Asep Nursobah untuk berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Hakim Agung Ibrahim akan menjadi panelis dalam forum tersebut dengan mengangkat topik diskusi “judicial integrity reform in Indonesia”. Ia bersama-sama dalam satu panel diskusi dengan Hakim Agung Filipina, The Hon Amparo M.Cabotaje dan The Hon Justice Murray Kelam, dari Mahkamah Agung Australia. 

Delegasi Indonesia didampingi oleh  Tim EU-UNDP SUSTAIN, Gilles Blanchi dan Fatahillah Syukur. Keduanya adalah Project Manager dan Koordinator Sektor pada EU UNDP SUSTAIN yang berhubungan dengan pengawsan peradilan.

Pertemuan yang berlangsung  selama dua hari, 8-9 Maret 2018, terbagi menjadi 7 sesi. Sesi pertama tentang Memetik pelajaran dari reformasi integritas pengadilan di beberapa negara APEC. Sesi Kedua Bagaimana Instrumen dan metode untuk menilai judicial integrity yang dapat mendukung reformasi peradilan. Sesi Ketiga, merancang jaringan Judicial Integrity Champions di Negara APEC/ Sesi Keempat Tata Kelola dan Aktivitas  dari Jejaring Judicial Integrity Champions di Negara APEC. Sesi Kelima,  Penanaman Judicial Integrity ke dalam Kerangka Manajemen Kinerja Pengadilan. Sesi Keenam, Bagaimana mengarusutamakan  judicial integrity kedalam konsep International Framework for Court Excellence dan Sesi ketujuh,  bagaimana mengukur integritas dalam International Framework for Court Excellence.  [an]

Ikuti Sosial Media Kami

        

Most Read

Custom Stock Widget