Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

BALIKPAPAN  (14/7/2018) Aparatur pengadilan dari empat lingkungan peradilan se-Kalimantan mendapatkan pembinaan teknis dan administrasi yudisial dari pimpinan Mahkamah Agung  yang digelar pada tanggal 12-13 Juli 2018 bertempat di kota Balikpapan, Kalimantan Barat.  Jumlah peserta pembinaan mencapai 460 orang yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Hakim Ad Hoc, Panitera dan Sekretaris Pengadilan dari pengadilan tingkat pertama dan banding. Agenda pembinaan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama, pembinaan oleh pimpinan MA yang digelar 12 Juli 2018 dan sesi kedua pembinaan oleh Panitera dan Pejabat Eselon I MA yang digelar 13 Juli 2018.

Ketua MA, Hatta Ali, mengawali pemberian materi pembinaan teknis dan administrasi yudisial kemudian dilanjutkan secara berturut-turut oleh Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan, Ketua Kamar Perdata, Ketua Kamar TUN dan Ketua Kamar Agama. Peserta sosialisasi diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengajukan pertanyaan terkait segala  persoalan teknis dan administrasi yudisial. Peserta sangat antusias dalam menyimak materi pembinaan yang terlihat dari banyaknya jumlah penanya, sehingga materi pembinaan yang  dimulai pada pukul 20.00 (12/07/2018)  berakhir hingga pukul 02.00 (13/7/2018) waktu setempat.

 

Sementara itu, dalam sesi pembinaan Panitera dan Eselon I, Panitera MA, Made Rawa Aryawan mengawali penyampaian materi pembinaan. Selanjutnya, Dirjen Badilum, Dirjen Badilag, Dirjen Badilmiltun, Kabawas dan Kabalitbang Diklat Kumdul secara bergiliran menyampaikan materi yang terkait bidang tugasnya masing-masing. Sekretaris MA menjadi pemateri terakhir yang mengcover isu-isu penting di lingkup unit kerja Kesekretariatan Mahkamah Agung.  

Selain diupgrade dari aspek mental-intelektual, aparatur pengadilan se Kalimantan juga “dibugarkan”  jasmaninya dengan kegiatan senam pagi dan jalan sehat bersama Ketua MA. [an]