Selamat Datang di Situs Web Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

JAKARTA | (17/06/2019) - Delegasi Pengadilan Federal Australia (Federal Court of Australia, FCA) melakukan kunjungan kerja ke Mahkamah Agung RI pada tanggal 17-19 Juni 2019. Delegasi FCA tersebut terdiri atas Chief Justice The Hon. James L. Allsop (Ketua FCA) dan  Warwick Soden (Registar dan Chief Executive Officer  FCA). Selama kunjungan kerja, Delegasi FCA dan MA RI menggelar berbagai pertemuan bersama membahas berbagai isu hukum dan peradilan.

Pada hari pertama kunjungan, Senin (17/06/2019),  Delegasi FCA akan menggelar rapat kerja bersama dengan Kelompok Kerja Kemudahan Berusaha Mahkamah Agung dengan topik implementasi pengadilan sederhana dan penegakan kontrak.   Acara ini merupakan  inisiatif yang diselenggarakan  MA dalam rangka  mempercepat terwujudnya Badan Peradilan yang Agung sesuai Cetak Biru Pembaruan Peradilan tahun 2010-2035 dan mendung visi dan misi Pemerintah RI untuk menciptakan sistem  hukum  yang mampu berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan dilakukan di bawah kerangka Kerjasama Yudisial antara MA dengan  Federal Court of Australia.

 

Setelah menggelar rapat kerja bersama, Delegasi FCA melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan Diskusi Publik mengenai Draft Peraturan Mahkamah Agung tentang  Sistem Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik di Pengadilan . Kegiatan Diskusi ini akan dilaksanakan di Ruang Rapat PN Jakarta Pusat.

Kegiatan Diskusi Publik ini melibatkan Tim Mahkamah Agung (Pojka Kemudahan Berusaha),  Kementerian Hukum dan HAM,  Bapennas, Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian,  Badan Koordinasi Penanaman Modal, Badan Perencanaan Hukum Nasional,  Australia-Indonesia Partnership for Economic Development (Prospera),  Australia-Indonesia Partnership for Juctice 2, SUSTAIN EU-UNDP, USAID-CEGAH,  The Asia Foundation, Akademisi dan  praktisi hukum dari perwakilan organisasi asosiasi advokat.

Hari kedua kunjungan (Selasa, 18/06/2019),  diselenggarakan Sharing Session mengenai  pengalaman  Pengadilan Federal Australia dalam Mereformasi Pengadilan untuk Mendukung Kemudahan Berusaha.  Kegiatan ini diagendakan  pada pukul 09.00 – 11.30. Setelah sharing session selesai, delegasi FCA  menjadi narasumber dalam diskusi terbatas/dialog tentang Pengalaman Pengadilan Australia dalam Restrukturisasi Organisasi Pengadilan. [an]